Komponen PC


1. Cashing

Cashing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan berbagai perangkat keras (hardware) komputer.

2. Power Supply

Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk memberi arus listrik ke berbagai hardware komputer.

3. Motherboard

Motherboard berperan sebagai induk komputer dan berfungsi untuk menghubungkan setiap hardware komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

4. Processor

Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan seperti halnya otak manusia.

5. RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi seperti kertas buram yaitu untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Jenis RAM antara lain SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain sebagainya.

6. Video Card

vga card

Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Jenis slot VGA antara lain adalah  slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

7. Hardisk 

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Jenis Hardisk antara lain  IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

8. Optical Disc Drive

Optical disc drive  berfungsi untuk membaca atau menulis pada sebuah kaset CD/DVD. Jenisnya yaitu IDE, SATA, dll.

9. Monitor

Monitor  berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.

10. Keyboard

Keyboard adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mengetikkan sesuatu. Jenis – jenis keyboard banyak beredar di pasaran, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

11. Mouse

Mouse adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

Sumber : http://khairul-annas.blogspot.com/2011/04/jenis-jenis-komponen-komputer-dan.html

Tinggalkan komentar